Bagaimana Memulai Bisnis Catering Jakarta Skala Kecil

catering prasmanan taplak coklat

Jika Anda senang memasak dan ingin memulai sebuah bisnis, lalu berpikir menggabungkan kedua hal tersebut, maka bisa memulainya dengan membuka sebuah usaha catering.

Jasa Catering Jakarta tidak selalu mengacu pada layanan profesional yang mempersiapkan makanan buat banyak orang untuk acara berskala besar, atau hidangan buffet buat tamu pada hajatan pernikahan. Tetapi usaha kuliner ini bisa dimulai dengan melayani pesanan catering prasmanan dalam jumlah kecil terlebih dahulu sebelum beranjak pada layanan dengan skala yang lebih besar. Misalnya dengan menangani catering untuk makan siang di kantor buat sedikit orang, acara perayaan ultah kecil-kecilan, atau suguhan kopi dan teh serta makanan kecil pada pertemuan atau seminar perusahaan.

Setelah usaha Catering Jakarta tersebut berjalan dengan lancar dan tanpa Kendala berarti, kemudian bisa diputuskan untuk tetap melayani permintaan Catering Jakarta dengan jumlah kecil atau berkembang melayani catering prasmanan dalam kapasitas besar. Berikut ini beberapa tips yang bisa dipakai dalam memulai bisnis catering di Jakarta:

Tuliskan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Buat Memulai Bisnis Catering Tersebut

Periksa persediaan alat memasak yang Anda miliki dan perlengkapan penyaji masakan apa saja yang mesti dibeli. Misalnya, piring dan peralatan makan yang Anda punya mungkin tidak memiliki kemampuan untuk menerima pesanan catering prasmanan dalam jumlah banyak atau bila Anda tidak memilikinya mungkin mesti mempertimbangkan untuk membeli berbagai alat-alat masak yang tidak dimiliki serta lemari pembeku bahan-bahan masakan yang cukup besar guna menyimpan stok bahan baku makanan.

Selanjutnya Anda mesti menyiapkan perkakas tambahan untuk mengangkut makanan, kotak tertutup untuk pengiriman makanan, baki untuk menyajikan hidangan, box pendingin untuk minuman, dan memikirkan cara yang terbaik untuk menjaga santapan tetap dalam keadaan hangat saat pengiriman ke lokasi acara.

Menemukan Pangsa Pasar yang Pas dan Banyak Dicari

Sebagai jasa Catering Jakarta skala kecil yang baru saja memulai, mungkin Anda tidak mempunyai kesanggupan untuk memenuhi permintaan catering prasmanan buat ribuan tamu, tapi untuk sementara waktu Anda bisa mencoba menangani pesta pribadi, acara ulang tahun, acara pertunangan, atau acara keluarga dengan jumlah tamu undangan yang terbatas.

Menyusun Menu yang Tepat untuk Ditawarkan kepada Calon Konsumen

Amati layanan catering apa saja yang ditawarkan oleh pesaing pada bisnis serupa. Periksa dan lihat dengan cermat perusahaan lokal mana saja yang juga menawarkan jasa Catering Jakarta yang sama. Setelah itu tentukan daftar menu berdasar pada spesialisasi dan kemahiran Anda dan kebutuhan pangsa pasar mana yang ingin Anda sasar. Dengan begitu harga prasmanan yang Anda sediakan tetap terjangkau dan mampu bersaing tetapi tetap memberikan keuntungan yang significant.

Dalam menentukan harga jual, bisa dihitung dari tantangan dan lokasi dapur di mana Anda tinggal, lamanya waktu yang dihabiskan untuk menyiapkan hidangan, biaya penyediaan bahan baku, dan rencana besaran keuntungan yang hendak dicapai.

Cari Mitra pada Bisnis Terkait

Jasa catering lebih dari sekedar persoalan memasak dan menghidangkan makanan. Seringkali layanan Catering Jakarta dituntut untuk menyuguhkan hidangan yang lezat lengkap dengan segala macam perlengkapan yang diperlukan, bahkan ketersediaan meja dan dekorasi tambahan di beberapa event dan juga jenis jamuan tertentu.

Cobalah jalin kerjasama saling menguntungkan dengan pemasok sayuran, bahan masakan, sembako, dan buah-buahan di sekitar lokasi dapur Anda dan cari tempat sewa alat catering terdekat yang bisa mendukung dan menyediakan peralatan yang Anda butuhkan.

Kembangkan Rencana Usaha Meliputi Investasi Jangka Panjang untuk Meningkatkan Keuntungan

Walaupun awalnya Anda hanya berencana membuka bisnis Catering Jakarta skala kecil, namun Anda tetap disarankan untuk membuat daftar pengembangan usaha jangka pendek, menengah, dan jangka panjang serta peningkatan keterampilan untuk memenuhi permintaan khusus dari pelanggan.

Lengkapi Izin Usaha yang Diperlukan

Untuk mengembangkan jangkauan layanan, bisnis yang Anda kelola mungkin membutuhkan izin usaha tambahan dari pemerintah daerah setempat di mana Anda tinggal. Misalnya dinas kesehatan lokal mungkin perlu mengamati dapur Anda buat menilai faktor kebersihan dan keselamatan kerja serta untuk melihat apakah dapur tersebut sesuai standard pengolahan pangan. Namun, biasanya dapur untuk layanan Catering Jakarta skala kecil sering Kali tidak membutuhkannya. Tetapi lisensi kelayakan dan sertifikat halal, kemungkinan akan diperlukan untuk proses tender proyek. Dalam hal ini, komunitas Catering Jakarta atau asosiasi jasa kuliner domestik dapat membantu Anda mencari tahu surat ijin apa saja yang mungkin Anda perlukan.

Memaksimalkan Pemasaran

Buatlah kartu nama dan berikan kepada kolega dan mitra bisnis saat bertemu dengan mereka. Kemudian buatlah beberapa contoh sajian dari resep Andalan Anda dan ambil foto dan lalu letakkan pada brosur dan website Anda. Sadarilah bahwa sekarang ini semakin banyak orang menggunakan internet untuk melakukan perbandingan di waktu mencari jasa catering di Jakarta. Jika Anda tidak memiliki website atau blog, percayalah, calon konsumen potensial pasti akan kesulitan menemukan usaha Catering Jakarta Anda.

Tips Profesional:

  • Selalu berpakaian secara profesional dan jangan menggunakan pakaian yang sarat dengan noda makanan.
  • Saat Anda bekerja, usahakan senantiasa membawa baju ekstra atau apron.
  • Cobalah konsentrasi menyediakan menu yang spesifik tetapi Anda mampu membuatnya dengan baik ketimbang menawarkan banyak pilihan masakan.
  • Kalau ada pelanggan yang memiliki permintaan khusus, cobalah untuk menghormati permintaan itu.

Selain menyediakan Tips Membuka Usaha Makanan, Dpawon Catering juga menyediakan berbagai layanan Catering Jakarta lainnya, seperti catering makan siang karyawan kantor, nasi kotak, catering prasmanan, aneka menu gubukan, coffee break, nasi tumpeng, catering buka puasa dan juga sewa alat catering. Jasa Catering Jakarta ini menjangkau seluruh daerah Jakarta dan sekitarnya, dari Jakarta Barat sampai Jakarta Selatan, Jakarta Pusat hingga Jakarta Utara, serta Jakarta Timur dan sekitarnya. Termasuk daerah Bogor, Depok, Tangerang dan juga Bekasi!

Untuk Anda yang ingin menyelenggarakan acara tapi dengan budget yang terbatas, jika Anda sedang cari layanan catering yang tepat untuk acara akan diselenggarakan, kini ada solusi yang praktis untuk pesan catering yang Anda butuhkan, yaitu dengan catering murah dari D'pawon Catering.

Dpawon Catering siap membantu Anda dalam menyelenggarakan acara, dengan menyediakan layanan Catering Jakarta sesuai dengan yang Anda butuhkan. D'pawon Catering melayani pesanan catering di Jakarta yang cocok untuk segala jenis acara, baik acara di kantor atau pun acara kecil di rumah. D'pawon Catering adalah penyedia catering di Jakarta yang sangat berpengalaman melayani pesanan catering di Jakarta dan sekitarnya dengan beragam paket catering dengan harga yang wajar dan terjangkau. Dengan pengalaman Dpawon Catering dalam menyajikan hidangan yang lezat dan pelayanan yang profesional, membuat Dpawon Catering menjadi salah satu pilihan yang terbaik bagi banyak penyelenggara acara di Kota Jakarta dan sekitarnya.

Selain melayani pesanan nasi kotak, snack box, coffee break, catering prasmanan, menu gubukan, nasi tumpeng, nasi bungkus, catering buka puasa, catering open house hari lebaran, catering halal bi halal, dan catering pernikahan, Dpawon Catering juga siap melayani catering makan siang pabrik, catering makan siang karyawan kantor, catering rantangan dan jasa sewa alat catering.

Sejak 2012, Dpawon Catering telah melayani jasa Catering Jakarta, Catering Bogor, Catering Depok, Catering Tangerang dan Catering Bekasi.

Untuk informasi lebih detail mengenai jasa catering yang Dpawon Catering sediakan, silakan kunjungi website Dpawon Catering:

๐Ÿ”—Official Website

www.dpawoncatering.com

๐Ÿ”Get More Info

  1. https://dpawoncatering.blogspot.com/
  2. https://dpawon-catering.blogspot.com/

๐Ÿ‘คSandrina ๐Ÿ—‚ , , , ,