Preloader

Cara Memilih Domain Untuk Website Bisnis

Ketika Anda ingin memulai suatu bisnis, dan bermaksud menggunakan online marketing sebagai sumber pemasaran Anda, maka Anda perlu membuat sebuah website bisnis.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih domain untuk website bisnis Anda adalah memilih nama domain yang tepat untuk bisnis Anda tersebut.

Jika Anda telah memiliki sebuah nama untuk branding bisnis Anda, Anda bisa menggunakan branding bisnis Anda tersebut untuk domain. Misalnya, jika Anda menggunakan branding "Dpawon", dan Anda bergerak di bidang bisnis catering, maka Anda bisa menggunakan nama domain Dpawon.com atau DpawonCatering.com.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan menggunakan branding untuk nama domain? Mari kita ulas bersama-sama.

Keyword on Domain Name atau Brand on Domain Name?

Memang menempatkan Keyword on Domain Name itu lebih baik, contohnya jika Anda mentargetkan keyword "Catering Jakarta" sebagai target keyword utama Anda, Anda bisa saja menggunakan nama domain CateringJakarta.com atau CateringJakarta.net.

Namun ketika Anda mencoba melakukan penelusuran dengan keyword "Catering Jakarta", dan menemukan website bisnis kompetitor Anda juga turut tampil di halaman pertama mesin pencari, bukankah itu berarti peluang Anda mendapatkan pelanggan potensial Anda menjadi berkurang? Bisa saja calon pelanggan tersebut justru membuka website bisnis kompetitor Anda karena alasan judul yang menarik atau bisa jadi website bisnis Anda tidak berada di peringkat paling atas di halaman pertama mesin pencari karena Anda tidak melakukan optimasi SEO secara baik. Bukankah itu ironis?

Memang, ketika Anda berhasil mengakuisisi sebuah nama domain yang mengandung keyword itu berarti Anda telah mendapatkan 1 point lebih dibanding kompetittor bisnis Anda, namun sadarilah ketika banyak pakar SEO dan ahli SEO yang menawarkan jasa seo murah, kompetitor bisnis Anda bisa saja memilih menggunakan jasa seo mereka untuk optimasi seo website bisnis mereka, dan jika peringkat Anda tidak lebih baik dari kompetitor Anda tersebut, percayalah Anda tidak akan pernah mendapatkan tujuan bisnis Anda dengan lebih baik.

Top Level Domain atau General Top Level Domain?

Pertanyaan berikutnya adalah apakah Anda lebih baik menggunakan Top Level Domain atau General Top Level Domain?

Sebagai contoh, jika branding Anda adalah "Dpawon", dan Anda adalah penyedia jasa catering, Anda bisa juga memilih General Top Level Domain seperti Dpawon.catering.

Namun ketika Anda mencoba menanyakan ke beberapa orang lebih mudah diingat yang mana, antara Dpawon.catering atau DpawonCatering.com, pasti orang akan memilih DpawonCatering.com.

Saya telah mencoba melakukan survey kecil-kecilan terhadap orang umum yang tidak mengerti tentang internet, dan menemukan bahwa 80% orang awam hanya mengenal .Com dan sisanya mengenal Top Level Domain lainnya seperti .Co.Id, .Org, .Id, atau .Net.

Meskipun banyak orang yang telah mengerti tentang internet, dan tidak begitu mempedulikan apakah itu subdomain, Top Level Domain, atau General Top Level Domain, selama informasi yang mereka cari bisa mereka dapatkan, apa pun domain atau subdomain yang Anda gunakan tidak pernah menjadi masalah.

Namun mengingat masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang dunia internet, sebaiknya Anda memilih .Com untuk domain name Anda.

Jadi, kembali kepada diri Anda, mau memilih Keyword on Domain Name atau Brand on Domain Name, Top Level Domain atau General Top Level Domain, silakan pilih sesuai keinginan Anda! Selamat berbisnis.