Preloader

Konsultan SEO Indonesia

Blog Pakar SEO dan Ahli SEO Terbaik Indonesia Pemilik Konsultan SEO Indonesia: Membahas Tips & Trik SEO, Online Marketing, Internet Marketing, & Strategi Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Nasi Kotak

Bagi Anda yang suka memasak dan ingin memulai suatu bisnis, bisnis nasi kotak mungkin bisa Anda jadikan sebagai salah satu alternatif untuk bisnis sampingan Anda. Memulai bisnis nasi kotak dapat dilakukan dengan / tanpa harus terjun langsung ke dalam bisnis nasi kotak ini. Jika Anda memutuskan untuk tidak terjun langsung menangani bisnis nasi kotak, itu artinya Anda hanya cukup menyediakan modal dan tempat untuk melakukan kegiatan bisnis nasi kotak ini. Namun Anda tentu akan lebih tertarik untuk terjun menggeluti bisnis ini secara langsung. Selain karena baru memulai bisnis nasi kotak, juga karena bisnis nasi kotak memang salah satu bisnis yang begitu menarik. Peluang bisnis nasi kotak pun bisa dibilang cukup bagus saat ini, terlebih karena saat ini kebanyakan orang bila menyelenggarakan acara yang dihadiri banyak orang seperti pengajian, arisan, buka puasa, atau Halal Bi Halal, lebih sering memesan nasi kotak. Nasi kotak termasuk salah satu cara penyediaan konsumsi makanan yang sangat digemari banyak orang karena penyajiannya yang sangat praktis. Bisnis nasi kotak ini bisa jadi salah satu bisnis sampingan bagi ibu rumah tangga yang tidak mempunyai pekerjaan tetap di rumah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis nasi kotak, antara lain:

1. Minat / Hobi Memasak

Ketika melakukan segala hal, umumnya pada kurun waktu tertentu Anda akan dihinggapi perasaan bosan atau jenuh, begitu juga ketika Anda melakukan bisnis. Lain ceritanya jika Anda melakukan bisnis nasi kotak tersebut karena hobi. Bila Anda memiliki hobi memasak pasti Anda akan dengan senang hati menjalankan bisnis nasi kotak ini.

2. Modal Usaha

Modal usaha adalah salah satu hal yang jadi pertimbangan pertama kali bagi siapa saja saat memulai bisnis. Meskipun Anda bisa menyewa alat masak melalui penyedia jasa penyewaan alat catering, namun sebaiknya Anda melengkapi beberapa peralatan memasak untuk menunjang kegiatan bisnis nasi kotak Anda setiap hari. Sebenarnya memanfaatkan beberapa alat masak yang telah Anda miliki juga sudah dapat untuk melakukan kegiatan bisnis nasi kotak, namun tentu akan lebih efektif jika Anda membeli beberapa perlengkapan dapur lainnya dengan ukuran yang lebih besar untuk mengolah lebih banyak makanan, sebab nantinya Anda akan lebih sering mengolah masakan dalam jumlah besar, tidak seperti jumlah makanan yang Anda olah sebelumnya. Ini berguna jika Anda menerima pesanan nasi kotak dalam jumlah banyak.

3. Tempat Usaha

Untuk memulai bisnis nasi kotak, Anda bisa lakukan di rumah Anda sendiri. Meskipun kurang strategis, namun Anda bisa menyiasatinya dengan cara pemasaran yang baik. Buatlah kartu nama dan brosur agar calon pelanggan bisa menghubungi Anda. Anda juga bisa menggunakan pemasaran melalui internet untuk menjaring pelanggan potensial Anda dengan membuat blog atau website. Lalu pilihlah salah satu ruangan yang cukup lapang sebagai dapur untuk kegiatan memasak makanan, karena Anda akan mengolah masakan dalam jumlah cukup banyak.

4. Pengetahuan Kuliner

Anda perlu menambah pengetahuan kuliner Anda agar memiliki wawasan kuliner yang lebih luas, misalnya dengan mengikuti seminar atau kursus memasak. Ini penting karena Anda perlu memiliki menu nasi kotak yang bervariasi. Dengan menu nasi kotak yang bervariasi, pelanggan Anda akan dengan lebih mudah menentukan menu yang sesuai dengan acara yang hendak diselenggarakan. Sehingga pelanggan nasi kotak Anda dapat mencoba berbagai variasi menu nasi kotak yang berbeda setiap memesan nasi kotak untuk acara yang mereka selenggarakan.

Selain itu, pengetahuan kuliner Anda bisa bermanfaat bila ada permintaan menu nasi kotak sesuai keinginan pelanggan ketika memesan nasi kotak kepada Anda.

5. Tim Kerja yang Terampil

Jika ada pesanan nasi kotak dalam jumlah banyak, Anda akan membutuhkan banyak orang untuk membantu Anda menangani pesanan nasi kotak ini. Carilah beberapa orang yang terampil dan bisa bekerja dengan cepat. Anda bisa merekrut beberapa orang di sekitar Anda untuk membantu Anda melayani pesanan nasi kotak tersebut.

6. Pemasok Bahan Makanan

Hal penting lainnya adalah Anda perlu memiliki tempat berlangganan supplier bahan baku untuk bisnis nasi kotak Anda. Sehingga kegiatan bisnis nasi kotak Anda bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, supplier bahan makanan ini juga untuk mengantisipasi kalau bahan baku yang Anda persiapkan ternyata tidak cukup untuk memenuhi pesanan nasi kotak dari pelanggan.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, Anda bisa mempersiapkan bisnis nasi kotak Anda dengan lebih baik. Selamat memulai bisnis nasi kotak, salam sukses!

Diinspirasi oleh https://www.dpawoncatering.com/.