Tips Memulai Bisnis Nasi Kotak

Nasi Kotak, Kerupuk, Sendok, Sambal dan Jeruk

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan suka memasak dan mau memulai sebuah bisnis, maka usaha kuliner di bidang layanan Catering Jakarta yang melayani nasi kotak mungkin bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pendapatan tambahan Anda. Berbisnis catering di Jakarta sebenarnya bisa ditekuni dengan atau tanpa berkecimpung langsung dalam usaha sampingan ini. Bila tidak mau langsung mengurus bisnis ini, berarti Anda hanya cukup menyediakan uang dan tempat untuk melaksanakan kegiatan bisnis tersebut. Namun tentunya akan lebih baik bila terjun langsung mengawasi usaha ini mulai dari proses pengolahan hingga pengiriman ke lokasi acaranya. Selain karena baru memulai bisnis, juga lantaran nasi kotak memang salah satu bisnis makanan yang begitu menarik untuk dikerjakan.

Belakangan ini, peluang untuk usaha nasi kotak di Jakarta pun bisa dibilang cukup bagus dan terbuka lebar, terlebih karena sekarang ini kebanyakan orang Jakarta kalau menyelenggarakan event yang mengundang banyak orang seperti pertemuan, seminar, pengajian, acara sekolah, atau acara buka puasa bersama, lebih kerap memesan nasi kotak. Paket nasi box tergolong salah satu cara penyediaan makanan yang sungguh digemari lantaran ongkosnya murah terjangkau dan penyajiannya juga benar-benar praktis.

Sebelum Anda memulai bisnis nasi box di Jakarta, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Persiapkan Modal

Awal menyusun rencana membuka usaha, tentu mesti menyiapkan duit yang memadai untuk modal. Dana itu bisa dipakai untuk membeli barang yang sangat dibutuhkan dalam proses pengolahan makanan, atau berbelanja bahan-bahan yang diperlukan. Jika uangnya terbatas, bisa disiasati dengan meminta terlebih dahulu sebagian pembayaran untuk uang muka.

Hobby Memasak

Ketika melakukan segala hal, umumnya pada kurun waktu tertentu Anda bakal diselimuti perasaan suntuk atau jenuh, begitu juga di saat Anda berbisnis. Lain ceritanya bila Anda melakukannya dikarenakan memang gemar memasak. Jika punya kecintaan pada dunia memasak, pasti Anda bakal dengan senang hati mengelola bisnis nasi kotak ini.

Lengkapi Peralatan Memasak

Perlengkapan masak adalah salah satu hal yang mesti dipersiapkan bagi siapa saja saat mengawali bisnis jasa boga. Meskipun Anda bisa meminjam berbagai peralatan masak melalui penyedia sewa alat catering, namun sebaiknya Anda melengkapi beberapa perlengkapan yang tidak dimiliki untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Sesungguhnya memanfaatkan beberapa alat masak yang sudah dimiliki juga dapat untuk melaksanakan kegiatan bisnis tersebut, namun tentu bakal lebih efektif kalau mempunyai peralatan penyaji atau membeli beberapa peralatan dapur tambahan lainnya dengan ukuran yang lumayan besar buat mengolah lebih banyak suguhan, sebab nantinya Anda bakal lebih sering membuat makanan dengan kapasitas besar, tidak seperti jumlah hidangan yang Anda olah sebelumnya. Ini bermanfaat bila Anda memperoleh orderan dalam jumlah banyak.

Sediakan Dapur Memasak

Untuk mulai usaha nasi box, Anda bisa lakukan di rumah Anda sendiri. Walaupun kurang strategis, namun Anda bisa menyiasatinya dengan prosedur penjualan yang baik. Buatlah kartu nama dan brosur pemasaran supaya calon pelanggan bisa mengontak Anda. Anda juga dapat menggunakan pemasaran melalui internet marketing untuk menjaring calon pelanggan potensial dengan bikin blog atau website. Lalu pilihlah salah satu ruangan yang cukup lapang di kediaman Anda sebagai ruang dapur utama buat kegiatan memasak, karena suatu saat nanti Anda akan dituntut membuat masakan dalam jumlah lebih banyak.

Tingkatkan Pengetahuan Kuliner

Sebaiknya Anda menambah pengetahuan kuliner Anda agar memiliki wawasan yang ddlebih luas, contohnya dengan mengikuti seminar atau kursus membuat makanan. Ini penting sebab Anda mesti mempunyai menu nasi box yang berbeda-beda. Dengan menu nasi kotak yang bervariasi, konsumen Anda bakal dengan lebih gampang memilih menu yang sesuai dengan selera atau tema acara yang bakal diadakan. Sehingga konsumen Anda bisa mencoba berbagai variasi menu nasi box yang beragam setiap memesan nasi kotak buat acara yang mereka adakan. Disamping itu, pengetahuan kuliner Anda dapat berguna bila ada permintaan menu nasi kotak sesuai keinginan konsumen sewaktu memesan nasi kotak kepada Anda.

Cari Tim Kerja yang Terampil

Jika ada order nasi kotak dalam jumlah banyak, Anda akan memerlukan banyak orang untuk membantu Anda menangani pesanan nasi kotak ini. Carilah beberapa orang yang terpercaya, sigap bekerja, cekatan, dan dapat diandalkan. Anda dapat merekrut beberapa orang di sekeliling Anda untuk menolong Anda mengurus pesanan nasi kotak tersebut.

Bermitra dengan Pemasok Bahan Baku

Hal penting lainnya ialah supplier bahan-bahan masakan tempat belanja segala keperluan Anda. Bila berlangganan sayuran dan bahan-bahan masakan, maka kegiatan bisnis nasi kotak Anda bisa berlangsung dengan baik dan lancar. Selain itu, pemasok bahan masakan ini juga untuk mengantisipasi apabila bahan baku yang Anda butuhkan ternyata tidak tersedia atau jumlahnya tidak mencukupi untuk melayani pesanan nasi kotak dari pelanggan.

Dengan mengamati beberapa faktor di atas, bisnis Anda dapat beroperasi dengan lancar dan mengerjakan pesanan dengan lebih baik. Selamat memulai bisnis nasi kotak di Jakarta!

Selain menyediakan Tips Memulai Bisnis Catering, Dpawon Catering juga menyediakan berbagai layanan Catering Jakarta lainnya, seperti catering makan siang karyawan kantor, nasi kotak, catering prasmanan, aneka menu gubukan, coffee break, nasi tumpeng, catering buka puasa dan juga sewa alat catering. Jasa Catering Jakarta ini menjangkau seluruh daerah Jakarta dan sekitarnya, dari Jakarta Barat sampai Jakarta Selatan, Jakarta Pusat hingga Jakarta Utara, serta Jakarta Timur dan sekitarnya. Termasuk daerah Bogor, Depok, Tangerang dan juga Bekasi!

Untuk Anda yang ingin menyelenggarakan acara tapi dengan budget yang terbatas, jika Anda sedang cari layanan catering yang tepat untuk acara akan diselenggarakan, kini ada solusi yang praktis untuk pesan catering yang Anda butuhkan, yaitu dengan catering murah dari D'pawon Catering.

Dpawon Catering siap membantu Anda dalam menyelenggarakan acara, dengan menyediakan layanan Catering Jakarta sesuai dengan yang Anda butuhkan. D'pawon Catering melayani pesanan catering di Jakarta yang cocok untuk segala jenis acara, baik acara di kantor atau pun acara kecil di rumah. D'pawon Catering adalah penyedia catering di Jakarta yang sangat berpengalaman melayani pesanan catering di Jakarta dan sekitarnya dengan beragam paket catering dengan harga yang wajar dan terjangkau. Dengan pengalaman Dpawon Catering dalam menyajikan hidangan yang lezat dan pelayanan yang profesional, membuat Dpawon Catering menjadi salah satu pilihan yang terbaik bagi banyak penyelenggara acara di Kota Jakarta dan sekitarnya.

Selain melayani pesanan nasi kotak, snack box, coffee break, catering prasmanan, menu gubukan, nasi tumpeng, nasi bungkus, catering buka puasa, catering open house hari lebaran, catering halal bi halal, dan catering pernikahan, Dpawon Catering juga siap melayani catering makan siang pabrik, catering makan siang karyawan kantor, catering rantangan dan jasa sewa alat catering.

Sejak 2012, Dpawon Catering telah melayani jasa Catering Jakarta, Catering Bogor, Catering Depok, Catering Tangerang dan Catering Bekasi.

Untuk informasi lebih detail mengenai jasa catering yang Dpawon Catering sediakan, silakan kunjungi website Dpawon Catering:

๐Ÿ”—Official Website

www.dpawoncatering.com

๐Ÿ”Get More Info

  1. https://dpawoncatering.blogspot.com/
  2. https://dpawon-catering.blogspot.com/

๐Ÿ‘คSandrina ๐Ÿ—‚ , , ,