6 Ide Pemasaran Internet Paling Efektif untuk Memasarkan Usaha Catering secara Online

, , , ,

/

Bisnis katering merupakan bisnis unik di industri layanan makanan. Bisnis katering ini menjadi salah satu contoh dari beberapa bentuk layanan yang tidak memerlukan lokasi bisnis secara permanen. Oleh sebab itu usaha catering dapat menawarkan layanan makanan mereka di hampir semua tempat. Dan karena ini, perusahaan katering khususnya, dapat tumbuh dari pemasaran online.

Dewasa ini semakin banyak bisnis yang masuk ke media online untuk meningkatkan penjualan dan bahkan untuk media branding. Tidak terkecuali bisnis catering ini. Karena catering ini menjadi bagian penting dalam acara apa pun, maka jasa catering semakin marak bermunculan, terlebih lagi di kota Jakarta. Siapa saja orang Jakarta dapat dengan begitu mudahnya menemukan jasa catering yang sanggup melayani pesanan hingga seluruh daerah di Jakarta dan sekitarnya.

Mendirikan toko permanen membutuhkan biaya besar, karena itu ide pemasaran usaha catering secara online menggunakan website menjadi Gagasan pemasaran paling efektif untuk memasarkan layanan makanan yang mereka tawarkan. Sebab itulah hal ini terlihat begitu penting bagi semua perusahaan jasa katering yang ingin bersaing di pasar Catering Jakarta untuk memiliki web yang mudah ditemukan, yang berarti setiap pemilik Catering Jakarta harus tahu bagaimana cara memasarkan bisnis katering mereka secara online.

Jika Anda memiliki bisnis catering dan ingin memasarkan bisnis catering Anda secara online, tidak masalah apakah perusahaan katering Anda baru memulai atau jika Anda telah memantapkan diri Anda sebagai bisnis lokal yang populer - Anda dapat mengambil manfaat dari Serangkaian prinsip pemasaran online yang sama. Berikut ini beberapa tips dan cara sederhana yang sudah kami seleksi untuk memasarkan bisnis catering Anda secara online dengan efektif. Sedikitnya ada 6 jalur yang harus Anda perhatikan untuk memasarkan usaha catering secara online ini:

1. Membuat Situs Web yang Menarik, Informatif, dan Dirancang dengan Baik

Orang yang mencari layanan Catering Jakarta pasti akan membandingkan Anda dengan pesaing Anda, dan mereka tahu apa yang mereka inginkan. Jika Anda tidak begitu yakin dengan apa yang harus ditambahkan ke situs web katering Anda, mulailah dengan melihat situs pesaing Anda. Anda mungkin akan melihat segalanya, termasuk paket harga, menu, opsi dekorasi, informasi staf, sejarah perusahaan, dan banyak lagi. Dan ketika Anda membuat situs web Anda, pastikan itu responsif. Situs web yang tidak responsif tidak akan Muncul dengan benar untuk pengguna seluler, dan karena semua orang memiliki ponsel pintar dewasa ini, Anda perlu situs web Anda Muncul dengan benar.

salah satu peran website yang tidak bisa digantikan oleh media lain adalah "kredibilitas". Tingkat kepercayaan usaha catering Anda bergantung dari desain website catering Anda. Hal ini sangat penting terutama jika Anda ingin masuk ke pasar perusahaan. Dan kredibilitas juga sangat penting jika Anda ingin mengembangkan catering terutama jika ingin menarik minat investor ke bisnis catering Anda.

Jika Anda tidak mengerti bagaimana membuat toko online atau website untuk bisnis online Anda, Anda tidak perlu bingung, banyak penyedia jasa pembuatan website bisnis online dan jasa pembuatan toko online yang siap membantu Anda.

2. Berlatih Optimasi Mesin Pencari/SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO) sangat penting untuk situs web apa pun, dan itu termasuk membuat halaman berbeda berdasarkan kata kunci yang relevan dengan industri Anda. Anda dapat meriset kata kunci ini berdasarkan istilah yang pengguna Anda sertakan dalam pencarian untuk menemukan bisnis online Anda.

Bagi Anda yang tidak mengerti SEO, Anda bisa mengikuti kursus SEO internet marketing. Mungkin Anda perlu waktu cukup lama untuk menguasai teknik SEO dengan mengikuti kursus SEO ini. Jika Anda begitu sibuk berbisnis dan Anda tidak ingin repot harus belajar SEO dan melakukan optimasi SEO sendiri, kini Anda bisa menggunakan Jasa SEO untuk website bisnis catering online Anda!

3. Gunakan PPC

Menggunakan kampanye bayar per klik (PPC) untuk mengiklankan halaman yang berbeda di situs web Anda berdasarkan kata kunci tertentu adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan anggaran pemasaran online Anda, terutama jika Anda telah berinvestasi untuk menemukan kata kunci terbaik untuk bisnis Anda.

Dengan Google adwords dan platform lain, Anda dapat menetapkan berapa banyak yang akan Anda belanjakan untuk pelanggan menggunakan kata kunci tertentu untuk mengklik iklan Anda. Jika pelanggan mengklik iklan Anda, maka Anda membayar Google jumlah yang ditentukan. Jika pelanggan tidak mengklik iklan Anda, maka Anda tidak membayar apa pun.

PPC adalah cara yang bagus untuk perusahaan dengan situs web baru karena Anda dapat segera menjangkau pelanggan potensial tanpa perlu mengerjakan SEO. Dan ketika Anda menggunakannya bersama-sama, Anda dapat Muncul dalam pencarian lebih banyak sehingga lebih banyak orang melihat bisnis Anda, menanyakan tentang layanan Anda, dan menjadi pelanggan.

4. Masuk ke marketplace

cara paling cepat untuk menghasilkan penjualan di bisnis catering adalah dengan masuk ke marketplace. Meskipun dengan begitu Anda akan kehilangan banyak hal seperti database pelanggan dan juga branding. Anda bisa mencoba masuk ke marketplace Go-food maupun Grab food. Setidaknya hanya kedua marketplace inilah yang paling efektif untuk pemasaran bisnis catering saat ini.

5. Email Marketing

Metode jangka panjang yang sangat efisien untuk menjaga pelanggan, meningkatkan brand, juga untuk mengelola bisnis beskala besar jika suatu saat nanti bisnis catering Anda berkembang dan berskala nasional bahkan Internasional adalah email marketing.

Aturlah jadwal untuk mengirimkan email penawaran kepada beberapa calon konsumen potensial Anda dengan semacam penawaran khusus, seperti bonus, potongan harga dan lain sebagainya secara berkala. Misalnya sebulan sekali atau selama periode tertentu Anda menawarkan paket spesial, seperti paket lebaran, Natal atau paket tahun baru.

6. Social Media Marketing

inilah metode marketing yang paling mudah dilakukan siapa pun. Cukup dengan membuat akun di Instagram, Facebook, Twitter maupun Line, Anda sudah bisa berjualan langsung di media sosial. Kemudahan menjadikan metode ini cukup mudah dikerjakan semua orang. Namun ada kelemahan yang cukup rawan jika Anda hanya menggunakan jalur sosial media untuk memasarkan usaha catering Anda. Apa itu? "trending", ya trend sosial media terus berubah setiap tahunnya, dan Anda wajib mengikuti trendnnya terus menerus.

Sebenarnya dengan mengoptimalkan 6 jalur marketing di atas, Anda sudah melakukan marketing dan branding sekaligus. Tingkatkan terus wawasan Anda tentang 6 jenis marketing di atas, konsisten dan terus menerus meningkatkan kualitas produk dan jasa Anda.

Edit This